sapi

sapi
gila...

Saturday 29 March 2008

..conTentmEnt..

Contentment..

Salah satu pelajaran yg gw dapet d gereja dari pagi mpe sore tadi adalah "contentment".

Sebenernya apa sih contentment itu? Kata pembicara tadi, contentment itu rasa kepuasan (bahasa gampangnya). Apa ada di antara kita yg hidupnya udah puas? Pasti kita smua pernah dan akan selalu ngerasa ga puas. Contoh kecil, pengen punya sepeda. Giliran udah punya sepeda, liat orang lain punya motor, pengen punya motor. Motor udah kebeli, capek keujanan mulu, mulai pengen beli mobil. Gitu terus, ga pernah puas.

Terus, kenapa ada rasa ketidakpuasan? Karna itu tadi, liat orang laen lebih dari kita, terus pengen bisa kayak orang itu. Itu dari segi negatifnya. Kalo dari segi positifnya, rasa tidak puas misalnya untuk menuju kesuksesan. Untuk mencapai sukses yg positif, semua orang pasti pengen lebih dan lebih lagi.

Gw ga bilang kalo rasa tidak puas itu ga bener lho. Tapi sebaiknya kita mengendalikan nafsu/keinginan kita, jangan sampai kita yang dikendalikan oleh semua keinginan kita, yang kebanyakan sifatnya fana, ga abadi, n bersifat keduniawian.

Terus, gimana dunk cara mengendalikan rasa tidak puas itu? Salah satu cara yg bisa dilakuin adalah "giving". Dengan memberi, terutama pada orang yg membutuhkan, mata kita akan kebuka bahwa di dunia, bahkan di sekitar kita masih banyak orang-orang yg bahkan kebutuhan primer-nya belum terpenuhi.

Ini dikutip dari Filipi 4:11, Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

Gw terus inget istilah yg slalu gw, melly, n chi pake kl kt lagi pengen sesuatu tapi ga bisa/ga sanggup : "Bedakan keinginan dan kebutuhan". Alhasil, sering karna istilah ini, kita ga jadi beli sesuatu yg sebenernya ga penting2 amat ato ga butuh amat.

Yah, mudah2an tulisan kali ini berguna bagi kita. (soalnya ini juga 'kena' buat gw)..

Jya..

No comments: